Kamis, 15 Agustus 2013

Mengenal Ginkgo Biloba


Ginkgo biloba adalah salah satu tanaman obat yang sangat umum digunakan. Para ahli pengobatan Cina telah memanfaatkan tanaman ini sebagai obat selama ribuan tahun. Bahkan, beberapa negara di eropa terutama Jerman saat ini telah mengembangkan berbagai suplemen herbal dari tanaman ini.
Asal Tanaman
Ginkgo biloba merupakan salah satu tanaman tertua di dunia. Diperkirakan tanaman ini telah ada semenjak 300 juta tahun yang lalu dan tersebar di berbagai negara. Pohon ini merupakan tanaman keras dan bisa tumbuh hingga setinggi 30 m. 
Kegunaan
Banyak yang percaya ginkgo biloba dapat membantu meningkatkan berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah pernapasan, disfungsi seksual, kelelahan, gangguan memori dan konsentrasi, dan penyakit Alzheimer.
Ginkgo biloba adalah herbal populer yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Cina.
Menurut National Institutes of Health (NIH), ginkgo biloba merupakan herbal terlaris di Amerika yang banyak dijual dalam bentuk suplemen.
Ginkgo biloba telah mendapat pengakuan luas untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, tetapi hanya boleh digunakan di bawah pengawasan dokter.
Berikut adalah beberapa manfaat ginkgo biloba:
1. Stroke
Ginkgo biloba memiliki khasiat untuk mengencerkan darah. Hal ini sangat bermanfaat dalam pengobatan stroke iskemik. Banyak kasus stroke yang terbantu dengan penggunaan suplemen yang berasal dari ginkgo biloba.   
2. Klaudikasio (claudication)
Ginkgo biloba diyakini memiliki manfaat bagi penderita klaudikasio, yakni kondisi kaki yang menyakitkan akibat terjadinya penyumbatan pada pembuluh arteri.
Herbal ini mendapat rating “A” dari NIH, artinya didukung oleh bukti ilmiah yang kuat.
3. Demensia
Ginkgo biloba juga mendapat rating “A” untuk pengobatan demensia. Ginkgo biloba bisa mengurangi gejala Alzheimer, tetapi belum jelas apakah sebanding dengan manfaat obat yang biasa diresepkan.
4. Daya Ingat
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginkgo biloba dapat meningkatkan daya ingat (memori). Namun, hal ini masih belum pasti karena studi lain yang dilakukan oleh National Institute of Aging menemukan bahwa tidak ada perbaikan daya ingat pada partisipan studi.
5. PMS
Ginkgo biloba juga berguna untuk mengurangi gejala emosional pada sindrom pramenstruasi, seperti perubahan suasana hati dan mudah marah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.
6. Masalah Seksual
Ginkgo biloba secara tradisional telah digunakan untuk mengobati masalah seksual. Meskipun mampu memberikan beberapa manfaat untuk masalah ini, namun penelitian lebih mendalam masih diperluka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar